10 Cerita Rakyat Indonesia, Cerita Legenda Daerah Yang Paling Terkenal

Woazy.com – Cerita Rakyat Indonesia, Cerita Legenda Daerah Yang Paling Terkenal. Berikut ini ada 10 cerita rakyat atau yang dikenal dengan istilah folklor yang merupakan cerita tradisional yang menjadi sarana penyebaran nilai dan norma di sebuah daerah.

Kamu bisa membaca cerita rakyat berikut ini sebagai sarana untuk lebih mengenal warisan budaya dan sastra daerah dengan cara yang lebih menyenangkan. Silahkan disimak!

***

Cerita Rakyat Danau Toba

cerita rakyat danau toba

Di wilayah Sumatera hiduplah seorang petani yang sangat rajin bekerja. Ia hidup sendiri sebatang kara. Setiap hari ia bekerja menggarap lading dan mencari ikan dengan tidak mengenal lelah. Hal ini dilakukannya untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Pada suatu hari petani tersebut pergi ke sungai di dekat tempat tinggalnya, ia bermaksud mencari ikan untuk lauknya hari ini. Dengan hanya berbekal sebuah kail, umpan dan tempat ikan, ia pun langsung menuju ke sungai. Setelah sesampainya di sungai, petani tersebut langsung melemparkan kailnya. Sambil menunggu kailnya dimakan ikan, petani tersebut berdoa,“Ya Alloh, semoga aku dapat ikan banyak hari ini”. Beberapa saat setelah berdoa, kail yang dilemparkannya tadi nampak bergoyang-goyang. Ia segera menarik kailnya. Petani tersebut sangat senang sekali, karena ikan yang didapatkannya sangat besar dan cantik sekali. Continue reading

Advertisements
cerita fabel

17 Cerita Fabel Hewan Pendek, Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur

Woazy.com – Cerita Fabel Hewan Pendek, Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur. Kompilasi cerita pendek berikut ini adalah cerita yang dikumpulkan sebagai bahan bacaan anak yang menarik dan mengandung pesan moral.

Pada setiap cerita dongeng dalam bentuk fabel hewan berikut terdapat nilai-nilai moral yang terkandung dalam setiap ceritanya, yang bisa dipakai sebagai persuasi, nasehat dan didikan secara tidak langsung untuk anak. Silahkan disimak!

***

Kisah Buaya Yang Serakah

cerita dongeng buaya yang serakah

Di pinggiran sungai ada seekor buaya yang sedang kelaparan, sudah tiga hari Buaya itu belum makan perutnya terasa la sekali mau tidak mau hari ini dia harus makan sebab kalau tidak bisa-bisa ia akan mati kelaparan. Buaya itu segera masuk ke dalam Sungai ia berenang perlahan-lahan menyusuri sungai mencari mangsa.

Buaya melihat seekor bebek yang juga sedang berenang di sungai, Bebek tahu dia sedang diawasi oleh Buaya, dia segera menepi. Melihat mangsanya akan kabur Buaya segera mengejar dan akhirnya Bebekpun tertangkap.

Ampun Buaya, tolong jangan mangsa aku, dagingku sedikit, kenapa kamu tidak memang sa kambing saja di dalam hutan,” ucapnya seraya menagis ketakutan

“Baik, sekarang kau antar aku ke tempat persembunyian Kambing itu,” perintah buaya dengan menunjukkan taring yang sangat tajam.

Berada tidak jauh dari tempat itu ada lapangan hijau tempat Kambing mencari makan, dan benar saja di sana ada banyak Kambing yang sedang lahap memakan rumput.

“Pergi sanah, aku mau memangsa Kambing saja,” Bebek yang merasa senang, kemudian berlari dengan kecepatan penuh.

Setelah mengintai beberapa lama, akhirnya Buaya mendapatkan satu ekor anak Kambing yang siap dia santap. “Tolong, jangan makan aku, dagingku tidak banyak, aku masih kecil, kenpa kamu tidak makan gajah saja yang dagingnya lebih banyak, aku bisa mengantarkan kamu ke sana”.

“Baik, segera antarkan aku ke sana!” Anak Kambing itu mengajak buaya ke tepi danau yang luas, di sana ada anak Gajah yang besar. Buaya langsung mengejar dan menggigit kaki anak Gajah itu. Walau besar, tapi kulit Gajah itu sangat tebal, jadi tidak bisa melukainya. Continue reading

Cerita lucu humor dewasa

27 Cerita Humor Dewasa, Cerita Lucu Pendek Tergokil

Woazy.com – Humor dewasa berikut ini adalah kumpulan cerita lucu dewasa pendek yang bikin ngakak sebagai hiburan cerdas ringan dan menghibur untuk kamu baca sambil menjelajahi informasi yang dibutuhkan di dunia maya. Silahkan disimak!

***

Cerita Prajurit Yang Siaga

Pak Smith mendapatkan sekretaris baru. Dia masih muda, cantik, manis dan sopan. Suatu hari saat mendikte sang sekretaris melihat celananya Pak Smith terbuka. Setelah meninggalkan ruangan dia berkata, “Pak Smith, anda tahu pintu barak anda terbuka?”

Dia tidak segera memahami ucapannya tapi kemudian ia melirik ke bawah dan melihat zipper nya terbuka. Dia memutuskan untuk bercanda dengan sekretaris barunya. Dia memanggilnya dan bertanya, “Nona Jones, ketika Anda melihat pintu barak saya terbuka pagi ini, apakah melihat prajurit berdiri tegak?” Continue reading

Cerita motivasi

10 Cerita Motivasi Inspirasi, Cerita Bijak Pendek Pemberi Semangat

woazy.com – Berikut ini adalah kumpulan cerita motivasi inspirasi pemberi semangat kehidupan yang merupakan cerita cerita pendek bijak yang disadur dari berbagai sumber.

Dengan membaca cerita motivasi dibawah ini diharapkan akan memberikan pesan moral yang memberikan energi dan semangat kehidupan agar kita terus berani melangkah mengarungi lika liku kehidupan dan berbagai masalahnya.

Silahkan Disimak!

***

Cerita Motivasi – Sekantong Bibit Kacang Tanah

cerita motivasi sekantong bibit kacang tanah

Dikisahkan, ada seorang gadis muda yang bertekad membantu desa asalnya yang miskin dan terbelakang. Dia rajin mengusahakan segala daya upaya untuk bisa menghasilkan uang guna membeli buku dan perlengkapan sekolah anak-anak di sana. Tetapi, sehebat apapun usahanya, terasa masih saja serba kekurangan.

Hingga suatu hari, dia mendapatkan janji bertemu dengan seorang kaya di kota, dengan harapan si tuan kaya mau memberi sumbangan uang. Setelah bertemu, si gadis muda menceritakan keadaan desanya dan sarana pendidikan yang jauh dari memadai serta memohonkan bantuan untuk mereka.

Dengan nada bosan dan tidak bersahabat, tuan kaya berkomentar santai, “Gadis muda. Kamu salah alamat. Di sini bukan badan amal yang memberi sumbangan cuma-cuma. Kalau memang anak-anak desamu tidak bisa sekolah, ya itu nasib mereka. Kenapa aku yang harus membantu?”

Tampak dia tidak mempercayai sedikitpun ketulusan gadis muda di hadapannya. Dengan pandangan tidak berdaya dan putus asa, si gadis tahu, usahanya telah gagal.

Tetapi sebelum pergi, dia mencoba berusaha yang terakhir, “Tuan, kalau boleh, apakah saya bisa meminjam sekantong bibit unggul biji kacang yang tuan hasilkan selama ini? Anggaplah hari ini tuan telah membantu kami dan saya berjanji tidak akan mengganggu tuan lagi.”

Dengan heran dan karena ingin segera mengusir si gadis, tanpa banyak cakap, segera diberinya sekantong bibit kacang tanah yang diminta. Sepulang dari sana, si gadis memulai gerakan menanam biji kacang tanah di atas tanah penduduk miskin, dengan tekad sebanyak satu kantong biji kacang tanah, akan menghasilkan kacang sebanyak yang bisa tumbuh di sana.

Usahanya berhasil. Dan beberapa saat setelah panen, si gadis kembali mendatangi si hartawan, “Tuan, saya datang kemari dengan tujuan untuk mengembalikan sekantong biji kacang tanah yang saya pinjam waktu itu.”
Lalu si gadis menceritakan keberhasilan mereka menanam hingga memanen, dari sekantong biji kacang menjadi sebanyak itu. Si tuan kaya terkesan dengan hasil usaha dan ketulusan si gadis muda dan berkenan datang ke desa meninjau. Continue reading

Cerita Humor: Pakar Pengobatan Tradisional Cina

Kali ini ada sebuah cerita humor paling lucu bikin ngakak, cocok menjadi bacaan seru untuk anda diwaktu senggang. Silahkan dibaca.

Pakar Pengobatan Tradisional Cina

***

Udin mengalami kehidupan yang sulit. Selain itu dia merasa ada yg salah dengan kesehatannya. Kemudian dia memutuskan pergi ke Pakar Pengobatan Tradisional Cina, dan menceritakan keluhannya. Setelah tau pekerjaan Udin dan berapa gaji per bulannya, si Shinse lalu memberikan nasehat.

“Lu mesti banyak2 Olah Raga, Istirahat yang Cukup, ya. Jangan Minum Alkohol, banyak Minum Air Putih Hangat. Jangan Kerja Naik Mobil. Jangan juga Naik Taksi, Baik yang Biasa maupun yang Online. Naik Angkot aja. Lebih Bagus lagi Jalan Kaki. Kurangin Makan Daging, Makanan Laut. Banyak Makan Sayuran dan Daun2an. Sering Puasa Bagus juga.”

Udin pun Tertunduk Lesu. Lalu Udin bertanya: ‘Sebenernya Masalah Saya ini Apa sih, Koh?”

Sambil Geleng2 Kepala si Shinse menjawab: “Gaji Lu Kecil Banget ….”

Cerita Lucu Humor – Lebih Sayang Ayah Atau Ibu

Berikut ini adalah sebuah cerita lucu humor terbaru yang dapat menjadi bacaan ringan singkat untuk anda.

Lebih Sayang Ayah Atau Ibu

Sebuah keluarga sedang dilanda masalah dan berada di ambang perceraian. Pada suatu siang terjadilah percakapan antara Ayah dengan Anaknya.

Ayah : Siapa yang paling kamu sukai Ayah atau Ibu?

Anak : Dua-duanya Yah!

Ayah : Serius ini. Ayah atau Ibu?

Anak : Iya, dua-duanya!

Ayah : Oke, gimana kalo Ayah pergi ke Amerika terus Ibumu pergi ke Paris? Kemana kamu akan ikut?

Anak : Paris yah…!!

Ayah : Berarti kamu lebih sayang sama Ibumu?

Anak : Nggak, cuma Paris kan lebih indah dari Amerika.

Ayah : Naah, kalo Ayah yang ke Paris terus Ibumu ke Amerika, kemana kamu akan ikut..?

Anak : Amerika..!!

Ayah : Kenapa??

Anak : Kan tadi aku udah ke Paris!!

Continue reading

Cerita Motivasi – Hinaan Membawa Berkah

Berikut ini ada sebuah cerita motivasi terbaik yang bisa menjadiinspirasi hari ini untuk menjadi bahan renungan dan cerminan hidup untuk kita semua. Silahkan disimak!

***

Hinaan Membawa Berkah

Suatu hari, anak muda ini mengantar penuh muatan berisi puluhan buku ke kantor berlantai 7 di suatu perguruan tinggi ; ketika dia memanggul buku-buku tersebut menunggu di lift, seorang satpam yang berusia 50-an menghampirinya dan berkata : “Lift ini untuk profesor dan dosen, lainnya tidak diperkenankan memakai lift ini, kau harus lewat tangga!”

Anak muda memberian penjelasan pada satpam itu :

“Saya hanya ingin mengantar buku semobil ini ke kantor lantai 7, ini kan buku pesanan kampus ini !”

Namun, dengan beringas satpam itu berkata :

“Saya bilang tidak boleh ya tidak boleh, kau bukan profesor atau pun dosen, tidak boleh menggunakan lift ini! Continue reading

Legenda Kawah Sikidang, Cerita Dari Jawa Tengah

Ada sebuah cerita rakyat daerah Jawa Tengah mengenai asal mula Kawah Sikidang, di Dieng. Dieng adalah sebuah dataran tinggi di Jawa Tengah yang terdiri dari dua atau lebih gunung berapi. Dieng memiliki banyak kawah serta puncak-puncak kecil lainnya. Salah satu kawahnya bernama Kawah Sikidang. Kawah Sikidang terkenal karena lubang keluarnya gas selalu berpindah-pindah layaknya kijang (dalam bahasa jawa, Kidang). Hal unik lainnya adalah, beberapa penduduk Dieng memiliki rambut gimbal. Konon mereka merupakan anak keturunan putri Shinta Dewi.

Alkisah, zaman dahulu ada sebuah kerajaan di Dieng yang memiliki seorang putri cantik jelita bernama Shinta Dewi. Banyak sekali para pangeran dan bangsawan ingin meminang Putri Shinta Dewi. Namun belum ada satupun berani datang untuk meminangnya.

Tersebutlah seorang pangeran kaya raya bernama Kidang Garungan. Disamping kaya, ia juga dikenal amat sakti mandraguna. Pangeran Kidang Garungan telah mendengar kabar kecantikan Putri Shinta Dewi. Ia berminat untuk meminangnya. Ia kemudian mengirimkan utusan ke kerajaan Dieng untuk menyampaikan pinangannya pada Putri Shinta Dewi. Continue reading

Bunda Sejati, Legenda Dari Bengkulu

Bunda Sejati adalah cerita rakyat dari bengkulu menceritakan tentang seekor anak kucing pemalas dan ibunya. Alkisah zaman dahulu, di sebuah hutan lebat, hidup seekor induk kucing dengan anaknya. Si induk kucing sangat menyayangi anaknya, karenanya ia selalu memanjakan anaknya. Setiap hari ia selalu mencari makan untuk anaknya, bahkan ketika anaknya sudah mulai besar. Akibatnya, si anak kucing tumbuh menjadi seekor kucing pemalas.

Suatu hari si induk kucing jatuh sakit. Ia kelelahan karena selalu bekerja keras untuk mencari makan keluarganya. Si induk kucing lalu memanggil anaknya. Induk kucing memberi tahu bahwa ia tengah sakit. Ia kemudian menasehati anaknya agar belajar mencari makan sendiri.

“Anakku, Engkau telah beranjak dewasa. Belajarlah mencari makan sendiri agar mampu hidup mandiri. Ibu saat ini sedang sakit keras nak. Ibu tidak sanggup lagi mencarikan makan untukmu.” kata induk kucing. Continue reading