14 Tips Cara Mengatasi Rambut Lepek dan Tipis Secara Aman dan Alami

woazy.com – Cara mengatasi rambut lepek dan tipis. Bagi wanita yang mengalami masalah rambut lepek dan tipis, 14 tips ampuh dan alami berikut ini disa dicoba untuk mengatasi masalah rambut anda saat ini yang tentunya cukup mengkhawatirkan karena dapat mengganggu penampilan.

Cara mengatasi rambut lepek dan tipis yang dibagikan kali ini memakai bahan alami yang aman untuk rambut serta berbagai tips yang sangat mudah diaplikasikan. Selain itu, cara ini juga aman untuk kesehatan sebab tidak mempunyai efek samping untuk kesehatan rambut anda. Silahkan disimak!

7 Bahan Alami Untuk Mengatasi Rambut Lepek Dan Tipis

Minyak Zaitun dan Pisang

mengatasi rambut lepek dengan pisang dan minyak zaitun

Kaya akan protein, vitamin serta mineral hingga bahkan karbohidrat, ada nutrisi esensial yang bakal diberikan kepada folikel rambut oleh pisang. Tak hanya masalah rambut lepek, rambut bercabang, rambut rontok serta rambut kasar pun mampu diatasi oleh pisang. Kombinasi minyak zaitun pun mampu mengembalikan tampilan rambut bersinar dan sehat.

Caranya: Sediakan 2 buah pisang berikut juga minyak zaitun 1 sendok makan. Hancurkan dan haluskan lebih dulu pisang tersebut, baru tambahkan dengan minyak zaitun. Campurkan secara merata, lalu terapkan ke seluruh rambut dari akar hingga ujung, tunggu 1 jam sebelum dibilas dan dikeramasi. Setiap minggunya bisa Anda lakukan perawatan ini sebanyak 2-3 kali agar lebih optimal.

Lidah Buaya

merawat rambut lepek dengan lidah buaya

Sudah banyak yang tahu akan manfaat aloe vera untuk rambut, dan salah satunya adalah mengatasi rambut lepek tak mengembang. Gelnya adalah bagian yang mengandung banyak kandungan baik dan bermanfaat baik untuk kulit kepala, maupun rambut itu sendiri.

Caranya: Ambil sejumlah daun atau batang lidah buaya secukupnya saja, bagilah menjadi dua dengan memotongnya. Setelah membelah, ambil gelnya sebanyak yang Anda perlukan, lalu terapkan ke seluruh rambut dan juga kulit kepala. Tunggu dulu sekitar setengah jam agar gel dan kandungannya meresap sempurna, baru Anda bisa membilas dan mengeramasi rambut.

Madu

manfaat madu untuk rambut lepek dan rapuh

Madu pun tak kalah baik dari bahan-bahan alami yang sudah disebutkan sebelumnya karena kandungan nutrisi penuh di dalamnya. Asalkan Anda memanfaatkan madu murni dan asli, maka khasiatnya bakal bisa Anda rasakan sendiri.

Caranya: Sangat sederhana, Anda hanya perlu mengambil madu secukupnya untuk Anda oles ke seluruh rambut sesudah Anda menyisirnya. Setelah teraplikasi secara merata, biarkan meresap selama kurang lebih 1 jam. Baru sesudah lewat sejam, bersihkan rambut dengan membilasnya menggunakan air dingin.

Cuka Sari Apel

cuka sari apel untuk rambut tipis

Cuka sari apel adalah bahan yang baik untuk Anda pakai sebagai tonik rambut di mana setiap helai rambut dapat menjadi lebih lembut dan jauh dari lepek. Selain itu, cuka sari apel juga mampu meningkatkan kekuatan rambut serta menambah elastisitas dan cahaya. Kutikula yang terbuka akan mampu dilancarkan oleh bahan satu ini.

Cuka sari apel memiliki sifat asam yang bakal membersihkan segala kotoran dan juga sisa-sisa kondisioner maupun sampo yang menempel di bagian kulit kepala. Oleh karena itu, efeknya pun membuat rambut kelihatan bersinar dan juga menjadi lebih lembut tanpa lepek.

Minyak Kelapa dan Yogurt

Kombinasi kedua bahan ini adalah salah satu yang paling efektif dalam mengatasi rambut lepek karena minyak kelapa nyatanya lebih baik dari produk-produk kondisioner yang berada di pasaran. Asam laurat pada minyak tersebut mampu meremajakan rambut rusak dengan berperan sebagai protein rambut.

Caranya: Sediakan yogurt tawar secukupnya dan juga minyak kelapa 2 sendok makan. Campurkan semuanya hingga merata dan aplikasikan ke kulit kepala serta keseluruhan rambut, biarkan selama 2 jam. Setelah itu cuci rambut menggunakan sampo ringan; perawatan seminggu 2-3 kali adalah yang paling baik dan efektif.

Jeruk Nipis

Rambut berminyak adalah yang rata-rata menjadi penyebab dari rambut lepek karena minyak yang bercampur dengan keringat pada kulit kepala. Menggunakan jeruk nipis adalah salah satu cara yang efektif untuk merawat kesehatan rambut.

Caranya: Sediakan jeruk nipis secukupnya, bersama cuka serta air sedikit. Ketiga bahan bisa Anda campur merata dengan mengaduknya sebelum diaplikasikan ke rambut. Tunggulah dulu sekitar setengah sampai satu jam sebelum mencuci rambut. Sesudah agak lama, bilaslah menggunakan sampo sampai bersih sesudah menggunakan metode perawatan ini.

Bir

Agak mengejutkan memang karena bir pun dapat dijadikan bahan perawatan rambut lepek. Apapun penyebab rambut bercabang dan rusak serta lepek, bir dapat menjadi bahan aman karena mengandung vitamin B. Khususnya bir yang terbuat dari hop dan malt, sehingga folikel rambut pun mendapatkan nutrisi lebih.

Caranya: Sediakan 500 ml bir apabila ingin menggunakan secara langsung untuk membilas rambut. Namun, alternatifnya adalah ¼ bir bisa dicampurkan bersama kondisioner yang biasa Anda gunakan untuk dioles ke rambut Anda setiap selesai keramas. Biarkan 5-10 menit menempel dan meresap ke rambut Anda serta kulit kepala. Bilas lagi dengan air untuk mengakhiri perawatan; lakukan seminggu 2-3 kali untuk hasil optimal.


8 Tips Perawatan Rambut Lepek Dan Tipis

1. Keramas dengan Benar

Tentu untuk mengatasi rambut yang lepek harus dimulai dengan mencuci rambut secara benar yang intinya jangan hanya mengusap-usap sampo ke permukaan rambut saja. Kulit kepala pun perlu mendapatkan pijatan ketika keramas.

Ingat bahwa bakteri serta jamur dapat dengan mudah menginvasi kulit kepala, jadi bersihkan sambil menggosok serta memijat secara benar agar tak semakin banyak. Hal tersebut dapat dilakukan dengan tujuan agar nutrisi yang ditawarkan sampo pun dapat terserap sampai ke dalam akar rambut.

2. Tidak Mengeringkan Rambut

Supaya tidak lepek, cobalah untuk mengubah kebiasaan mengeringkan rambut sesudah keramas menjadi membiarkan rambut mengering sendirinya secara alami. Biasanya Anda mungkin akan menggosok rambut terlalu kasar sehingga rambut pun mengalami kerusakan. Setelah mencuci rambut, Anda hanya perlu menekan-nekan pelan rambut Anda yang basah dan selanjutnya bisa Anda biarkan kering sendiri.

Apabila memang berada dalam kondisi mendesak dan hanya punya sedikit waktu, penggunaan hair dryer memang dibutuhkan. Tapi pastikan selama pemakaian alat ini, suhunya tidaklah terlalu tinggi dan jaraknya dibuat 15 cm jauhnya dari rambut. Lebih baik juga tidak menggunakannya selama 15 menit lebih hanya untuk 1 bagian rambut saja.

3. Tidak Menggunakan Kondisioner Setiap Hari

Memang ada manfaat cuci rambut setiap hari bagi kesehatan rambut, namun tidak dengan penggunaan kondisioner yang juga setiap hari. Ada sebagian orang yang menggunakan kondisioner setiap sehabis keramas, yaitu setiap hari dan inilah yang membuat rambut lepek dan terlalu lembab. Karena terlalu lembab, maka rambut pun menjadi lebih mudah kelihatan lepek karena terlalu lemas.

4. Tidak Tidur dengan Rambut Basah

Cara mengatasi rambut lepek dan kering sebetulnya bisa diatasi dengan cara-cara sederhana, seperti misalnya dengan menghindari kebiasaan tidur sewaktu rambut basah. Mungkin ada beberapa orang yang setelah keramas dan rambut belum kering betul malah langsung berbaring untuk tidur. Inilah yang bakal membuat rambut mudah lepek; jadi, lebih baik memang Anda mengeringkannya lebih dulu secara alami sebelum berbaring walau hanya sebatas tiduran.

5. Memotong Rambut

Terkadang rambut yang kelihatan lepek justru berawal dari rambut panjang dan tipis sehingga kelihatan kempes dan tak menarik. Jadi, bila Anda menginginkan rambut yang kelihatan lebih bervolume, lebih banyak dan tidak lepek, boleh juga mempertimbangkan untuk memotong rambut. Rambut yang lebih pendek biasanya berhasil memberi kesan tidak lepek dan makin kelihatan berisi, terutama rambut yang panjangnya di atas tulang selangka.

Model rambut bob panjang yang jatuh antara dagu dan bahu memang sedang tren dan Anda patut mencobanya sebagai cara mengatasi rambut yang kerap lepek. Ini bakal menjadi salah satu solusi yang hebat bagi Anda, ditambah juga dengan perawatan rambut seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

6. Tidak Menggunakan Produk Hair Styling Setiap Hari

Sebagai penunjang penampilan, penggunaan produk hair styling memang bisa Anda andalkan, tapi perhatikan juga pemakaian yang benar, termasuk waktunya. Sama dengan kondisioner, bila digunakan setiap hari, rambut malah justru tidak sehat dan mudah lepek. Contohnya adalah memakai gel rambut untuk menata rambut setiap hari. Bila tak diimbangi dengan rajin keramas, rambut jelas bakal lepek.

7. Mengecat Rambut

Percaya atau tidak, rambut lepek nan tipis dapat diatasi pula dengan mengecat rambut walau memang cara ini bakal membuat kulit kepala terkena bahan kimia. Anda bisa mencari cat rambut yang tidak berbahan kimia berbahaya bila tertarik dengan cara ini. Pewarna rambut diketahui mampu membuat rambut lebih tebal dan jauh dari kesan lepek, jadi tak ada salahnya Anda ubah penampilan juga dengan langkah ini.

8. Memilih Sampo yang Tepat

Belilah sampo yang berlabel dapat menebalkan atau menambah volume pada rambut karena sampo tersebut mampu mengatasi rambut lepek, tipis dan kurang menarik. Beberapa sampo pun sebenarnya mengandung kondisioner yang mampu melembutkan dan meluruskan rambut tanpa membuat rambut terkesan lepek. Maka carilah sampo yang tepat dan tentunya pas dengan jenis rambut Anda.


Demikianlah tips cara mengatasi rambut lepek dan tipis yang bisa dibagikan pada postingan kali ini. Semoga bacaan singkat ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa datang kembali untuk melihat tips perawatan rambut rusak lainnya yang akan dibagikan pada postingan berikutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s